Yndi Halda

Posted by ditulis oleh -rAy- On 9:24:00 PM

Yndi Halda (bahasa eddic dari "Enjoy Eternal Bliss") merilis EP debut mereka yang bernama sama. Menurut saya kelima orang asal Canterbury ini benar-benar luar biasa. Yndi Halda menulis dan mengaransemen musiknya dengan sempurna, musiknya bernuansa sinematic yang bisa dibandingkan dengan Sigur Rós, Explosions In The Sky dan Godspeed You! Black Emperor, tetapi lebih optimis dan menjanjikan daripada band-band ini. Musik mereka tetap berdiri antara pada pakem tradisional post-rock dan irama-irama beat cepat asal Amerika Utara seperti The Arcade Fire. Irama tradisional post-rock dan dipengaruhi unsur folk pada aransemen permainan gitarnya membuat Yndi Halda patut diakui jempol akan musiknya.

Jack Lambert, Brendan Grieve, Daniel Neal, Oliver Newton dan James Vella merupakan teman satu sekolah sepakat membentuk Yndi Halda pada tahun 2001. Perjalanan selama 4 tahun yang cukup lama membentuk musik mereka sampai akhirnya pada musim panas 2005, mereka mulai merekam tiga lagu yang mereka ciptakan dan dirangkum menjadi satu album single yang mereka rilis sendiri yaitu Enjoy Eternal Bliss yang selesai sewaktu musim gugur 2005. Track keempat direkam untuk album internasional mereka dan dirilis pada bulan Agustus 2006.

Keunikan dari Yndi Halda juga pada kreatifitas mereka dengan para fansnya. Mereka membuat cover buatan tangan secara terbatas untuk album single rilisan pertama mereka. Hal ini yang menyebabkan edisi cover buatan tangan itu banyak diburu. Cara yang istimewa untuk mendapat perhatian dari fans. Dan dari situ mereka mendapat label untuk kawasan eropa dan amerika, untuk merilis album single mereka secara internasional.


Fenomena Yndi Halda memang luar biasa. Konsep yang luar biasa. Musik yang indah. Kreatifitas yang tinggi. Membuat band ini menjadi salah satu band yang dinantikan di masa depan. Dan tidak salah bahwa saya memberi rating sempurna untuk album single mereka yaitu Enjoy Eternal Bliss.

----------------------------------------------------------

EP : Enjoy Eternal Bliss
Release : 2006
Genre : Cinematic Post-Rock
Same as : Godspeed You! Black Emperor
Download : click here
Rating : 10


----------------------------------------------------------

Informasi Yndi Halda

--------------------
Asal : Centerbury, Kent, Inggris
Tahun Aktif : 2001 - sekarang
Genre : Cinematic Post-Rock
Label : Big Scary Monsters, Burnt Toast Vinyl, XTAL
Situs :
( Situs Official )
Myspace : ( MySpace )

2 komentar

  1. Anonymous Said,

    Wow, keren banget musiknya.

    Posted on December 4, 2006 at 5:25:00 PM GMT+7

     
  2. paula Said,

    best post-rock band ever.

    Posted on December 15, 2009 at 4:25:00 AM GMT+7

     

Post a Comment