jesu

Posted by ditulis oleh -rAy- On 10:39:00 AM

Berbicara mengenai Jesu pasti tidak akan terlepas dari peran besar Justin Broadrick. Seorang musisi yang menurut saya pribadi adalah seorang yang jenius. Dia banyak sekali bekerja sama dengan band-band ternama, salah satunya yaitu Napalm Death. Setelah Godflesh bubar pada tahun 2002, Justin yang juga pendiri Godflesh itu mencoba membuat proyek musik baru yang ia namakan Jesu yang berdiri pada tahun 2003. Nama Jesu sendiri diambil dari track terakhir pada album terakhir Godflesh yaitu Hymns.

Jenius, benar-benar seorang musisi yang jenius. Justin Broadrick membuktikan hal itu. Dalam rilisan pertama Jesu, yaitu Heartache EP pada tahun 2004. Justin menulis semua lagu, memainkan semua instrumen musiknya sendiri, menyanyi sendiri, meremix lagunya sendiri dan memproduseri sendiri, ibarat one man show dalam sebuah band. Sewaktu pertama kali mendengar EP pertama Jesu ini, feel saya mengenai musik Jesu ini benar-benar membuat saya terheran-heran sekaligus aneh karena saat itu saya baru pertama kali mendengar musik jenis semacam ini. Unsur ekperimental metal yang keras dan memenuhi atmosfer lagunya dengan ditambah permainan bunyi-bunyian yang aneh, mungkin ke arah musik industrial plus dengan vokal dari Justin yang terdengar malas membuat musik Jesu ini terdengar unik. Kalau bisa dibilang musik Jesu masuk dalam kategori post-metal yang mengarah ke Drone Doom. Dari sini saya menilai bahwa kreatifitas dari Justin memang layak diacungkan jempol.

Hal ini sedikit berubah ketika rilisan kedua mereka keluar, yaitu album debut Jesu (self titled) pada tahun 2005. Di sini Justin tidak sendiri lagi, Diarmuid Dalton bergabung dengan Jesu dan mengisi posisi sebagai bassist sedangkan Ted Parsons yang juga bergabung dengan Jesu mengisi posisi sebagai drummer. Pada album pertama mereka ini, musik Jesu yang keras itu agak sedikit lebih lembut tetapi tidak banyak berubah dibanding dengan Heartache EP. Namun dari sinilah Jesu mulai dikenal luas, dan musiknya benar-benar bisa diterima.

Pada waktu rilisan ketiga mereka yaitu Silver EP keluar pada bulan April 2006, semuanya terasa berubah. Musik Jesu yang terkenal keras berubah menjadi lebih slow, permainan melodilebih kental di EP ini ditambah juga unsur shoegazing gitar membuat Silver EP ini begitu berbeda dengan rilisan mereka terdahulu, dan juga pengaruh kuat dari My Bloody Valentine cukup terasa pada Single atau EP kedua mereka ini. Sebuah perubahan yang berarti, membuat musik Jesu menjadi lebih berwarna.

Saya sendiri cukup dibuat terkagum-kagum oleh band asal Birmingham, Inggris ini. Dan rencananya mereka akan merilis album kedua mereka yaitu Conqueror pada bulan Februari 2007, saya juga menantikan itu dan ingin tahu bagaimana musik Jesu di album terbarunya. Coba dan dengarkan musik dari band beraliran post-metal ini.

PS.
Selain di Godflesh dan Jesu, Justin juga memiliki proyek lain yaitu Final.
----------------------------------------------------------

EP : Heartache
Release : 2004
Genre : Post-Metal, Drone Doom
Same as : Isis, Pelican, Neurosis
Download :
click here
Rating : 8.5


----------------------------------------------------------

Album : Jesu
Release : 2005
Genre : Post-Metal, Drone Doom
Same as : Isis, Pelican, Neurosis
Download : click here
Rating : 9.0


----------------------------------------------------------

EP : Silver
Release : 2006
Genre : Post-Metal, Drone Doom, Shoegaze
Same as : My Bloody Valentine, Ride
Download : click here
Rating : 9.4


----------------------------------------------------------

Informasi Jesu

--------------
Asal :
Birmingham, Ingrris
Tahun Aktif : 2003 - sekarang
Genre :
Post-Rock, Drone Doom, Shoegaze
Label : Dry Run Records, Hydra Head Records
Situs :
( Situs Official )
Myspace : ( MySpace )

0 komentar

Post a Comment