EF

Posted by ditulis oleh -rAy- On 6:55:00 PM

Seperti dua review sebelumnya, kali ini saya mencoba mengupas lebih dalam salah satu band post-rock menggunakan vokal dalam musiknya yaitu EF. Musik band asal Gothenburg, Swedia ini terinspirasi band macam Godspeed You! Black Emperor atau Explosions In The Sky, meskipun tanpa unsur cinematic yang lebih dalam musiknya tetapi suara vokal dapat merubah tatanan ini menjadi luar biasa.

Dibuka dengan track Ett, disini musik EF serasa menggambarkan indahnya alam di pagi hari. Sungguh tenang dan nyaman, dengan raungan gitar yang langsung mengecil menuju pada kelembutan ditambah alunan suara cello menambah keindahan pada lagu ini, dan inilah awal dari kelembutan serta keindahan musik EF. Begitu sederhana dan indahnya track Ett, seakan membuat engkau terlena dengan musiknya.

Keindahan itu tetap berlanjut sewaktu memasuki track selanjutnya yaitu Hello Scotland, dan masuki bagian pertama dari menu utama musik EF di album ini. Kelembutan yang nampak pada awalnya secara perlahan berubah menjadi cepat, hentakan musik yang bisa membuat adrenalin bergairah membuat saya bisa bergerak mengikuti iramanya. Dan sewaktu mendekati puncak, tensi itu menurun dan menjadi semakin lembut. Alunan cello mulai mendominasi pada bagian ini yang kemudian dipadu duet vokal yang melebur menjadi satu, membuat saya mengingat musik yang dibawakan oleh Gregor Samsa. Kehadiran suara vokal itu membawa gairah yang semula tertunda langsung dituntaskan.

Perjalanan itu akhirnya memasuki babak akhir dengan track Final Touch Hidden Agenda, dan disinilah bentuk sebenarnya dari EF. Disini kau merasa lebih intim dengan EF, keindahan pada track sebelumnya juga kau rasakan disini. Hal utama yang harus digaris bawahi yaitu sewaktu tensi itu menurun, suara musik yang lembut nan indah itu dipadukan dengan suara vokal yang begitu romantis. Dan secara bertahap langsung menuju klimaks yang sampai memicu adrenalin untuk bergerak bebas, dan luapkan segala emosi yang ada padamu, sampai kau dibawa pada akhir yang indah.

Berbeda dengan All Angels Gone yang penuh kesenduan, musik EF bertolak belakang dengannya. Lupakan kesenduan itu, dan nikmati keindahan musik EF. Hal itu seperti pada judul album ini "Give Me Beauty ... or Give Me Death", berikan saya keindahan jika tidak berilah saya kematian. Dan EF telah memberikan keindahan itu kepadamu.

----------------------------------------------------------

Album : Give Me Beauty ... or Give Me Death!
Release : 2006
Genre : Post Rock
Same as : Explosions on The Sky, Gregor Samsa
Download : click here
Buy : click here
Rating : 9.0


----------------------------------------------------------
All Password : SirensSound.blogspot.com
thanks to Mr. Mogwai from SirensSound for uploading this.
----------------------------------------------------------

Informasi EF
-----------------------
Asal : Gothenburg, Swedia
Tahun Aktif : 2003 - sekarang
Genre : Post Rock
Label : AndtheSound Records
Situs : ( Situs Official )
Myspace : ( MySpace )

0 komentar

Post a Comment